Sabtu, 06 September 2014

Materi tentang Ushul Fiqih

          Assalamu’alaikum wr. wb.
Kali ini saya akan mem-posting salah satu materi yang ada di dalam salah satu mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah, yakni tentang “Ushul Fiqih”.

Yang biasa kita dengar adalah Fiqh (Hukum Islam). Lalu apa Ushul Fiqih? Kalimat Ushul fiqih sendiri  berasal dari bahasa arab yang terdiri dari dua kata,yaitu kata ‘ushul’ bentuk jamak dari ‘ashlu’artinya asal, dasar, atau pokok.Dan fiqih artinya faham atau mengerti.

          Para ahli hukum islam, mendefinisi ushul fiqih dalam beraneka ragam. Ada yang menekankan pada fungsi ushul fiqih itu sendiri, dan ada pula yang menekankan pada hakikatnya. Namun, sebenarnya prinsipnya sama.

          Ushul Fiqih adalah ilmu pengetahuan yang objeknya dalil-dalil hukum syara’ secara gelobal dengan semua seluk beluknya.
Menurut Al-Baidhawi dari kalangan ulama syfi’iah bahwa yang dimaksud Ushul fiqih itu adalah;

’’ilmu pengetahuan tentang dalil fiqih secara global, metode  penggunaan dalil tersebut, dan keadaan (persyaratan) orang yang menggunakannya.”

Untuk meng-kaji objek di dalam Ushul Fiqih, ada 3:
     1. Sumber hukum dan seluk beluknya.
     2. Metode pendaya gunaan sumber hukum atau metode penggalian hukum dari sumbernya.
     3. Persyaratan yang berwewenang melakukan istinbath.

Perbedaan Ushul Fiqih dan Fiqih
Ushul Fiqh
Fiqih
*      Merupakan timbangan atau ketentuan untuk mengistinbatkan hukum.
*      Memandang  dalil hanya pada rujukannya.
*      Objeknya adalah dalil hukum
*      Objeknya selain dalil, yakni menyangkut perbuatan orang mukallaf yang diberi status hukumnya


Ushul fiqih mempunyai tujuan, yaitu untuk mengetahui jalan dalam mendapatkan hukum syara’ dan  cara-cara untuk mngistinbatkan hukum dari dalil-dalilnya.

Fungsi ushul fiqih sendiri yakni merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan hukum-hukum ALLAH SWT sebagai mana yang dikehendaki oleh allah SWT dan rasul-NYA,baik yang berkaitan dengan aqidah, ibadah, maupun akhlak.

Hukum syara’ ialah suatu nama hukum yang disandarkan pada syariat,atau syariah yang berasal dari Allah SWT,melalui rasul(yang berasal dari alQur’an dan hadist)

Sumber-sumber hukum syara’:

1. AL-qur’anul karim(kalam allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW)
2. Hadist/sunah(segala sesuatu yang disandarkan kepada nabi mhamad SAW)
3. Ijma‘(kesepakatan semua mujtahid dari ijma’ mhammad SAW ,terhadap masalah syara’)
4. Qiyas(penyamaan sesuatu dengan  yang sejenisnya)

Pengertian hakim, mahkum fih, dan mahkum alaih.

   1.hakim
Hakim adalah yang menghukum,atau yang membuat hukum.(dalam hal ini adalah allah rasulnya)

   2.mahkum fih
Mahkum fih adalah perbuatan yang dihukumkan,dibagi lima:

a.   Wajib ,
Wajib adalah sesuatu perbuatan yang diberi pahala bila dikerjakan,dan diberi siksa bila ditinggalkan.

b.   Sunnah
Sunnah adalah sesuatu perbuatan yang bila dikerjakan  mendapat pahala,tetapi bila ditinggalkan tidak dikenakan siksa.

c.    Haram
Haram adalah suatu perbuatan yang dilarang,bila ditinggalkan akan diberi pahala,dan apabila diperbuat dikenakan siksa.

d.   Makruh
Makruh adalah suatu perbuatan yang tidak diberi siksa bagi orang yang mengerjakannya,dan diberi ganjaran bila meninggalkannya.

e.    Mubah
Mubah adalah suatu perbuatan yang tidak diberi ganjaran bagi yang mengerjakannya,dan tidak pula diancam bagi yang meninggalkannya.


Sekian postingan dari saya, untuk kali ini. Bila ada salah kata/typo, mohon dimaafkan. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Source: Google

                                                                                   

Jumat, 19 Juli 2013

How and Why I became a K-popers

         Anyeonghaseyo~ Nanda imnida~ ah jinjja, bad Hangeul /evil laugh/ yeah as you know, that is Korean language (Hangeul). Actually, gak-bisa-bgt bahasa Korea sih. Wong  bahasa Inggris aja grammar nya semrawut hehe.

          Sesuai judul, aku mau cerita gimana dan kenapa aku bisa jadi K-popers. Jawabannya simple: comfortable. Iya, menurutku jadi kpopers ini nyaman banget haha. Dan ini alasanya:

          Dulu (sebelum jadi kpopers) aku sudah pernah ngalamin yg namanya jadi fans artist-artist di seluruh dunia/? Mulai dari artist local maupun interlokal/? (sljj aja sekalian, trs buka wartel) aku ceritain sebagian yaaa.

          Pertama,  Beliebers. Tau kan itu sebutan fansnya siapa? Yup! Justin Bieber. Artist yg satu ini emg gak ada matinya/? Selain ganteng dan suaranya bagus, dia emg punya fans-fans setia yg selalu bertambah tiap tahunnya. Nah, aku juga pernah jadi salah satu beliebers. Mulai dari download video dan lagunya JB, sampe follow dan mention JB buat minta follow back. Bener-bener perjuangan, apalagi kalo diliat-liat si JB beneran nge follow back bbrp beliebers. Tapi dia gak pernah (dan gak akan pernah) ngefollback @NandaSeks3h(;_;). Dan finally, skrg sudah berhenti jadi beliebers. Sudah nge-unfollow @justinbieber jg wkwk. Meskipun yah terkadang masih tau perkembangannya/?

          And then, jadi Smashblast. Agak gak matching juga sih, yg awalnya jadi beliebers skrg jadi smashblast-_- mungkin karena pengaruh era boyband kali ya/? Lagian juga kebetulan temen-temenku kebanyakan smashblast-_- tapi gak tau knp saat itu Bisma dan kawan-kawannya emg membius/? Buktinya bisa bikin aku hafal lagu-lagunya, beli albumnya di kaefsi (toko ayam), sampe-sampe bikin fanbase di twitter! Username nya @Bismaniac_FC kalo gak salah. Dan itu sukses punya hampir 300-500 followers, asal kalian tau yaa itu susah:’)-_-  sampe akhirnya aku sadar/? (karena sering di bully dsb) aku fix berhenti jadi smashblast. Jahat bgt ya aku:’)/? Tapi sampe skrg aku ttep #respect kok sm anak2 smash. Ya misalnya masih ngefollow @bismakarisma dan ngefollow ig-nya hehe kebetulan dia juga kpopers:3 wkwk

The last……nah ini nih:’) kejadian ini waktu aku kelas 9. Awalnya aku duduk sm Kanis, tp (aku lupa) tbtb dan lama kelamaan aku nyaman duduk sm Sisis. Dan duduklah deh kita sebangku selama satu tahun. Dia emg kpopers dan kalian tau? Aku Cuma respon dia dgn kata ‘yek’. Karena aku pikir emg kpopers itu identik sm fanatic. Tapi sisis gak berhenti buat cerita soal kpop. Sampe akhirnya rasa penasaranku muncul dan yg otomatis bilang “sis, aku mau tau tentang kpop”. Dimulailah dengan Super Junior dan Girls Generation. #fact: personil super junior emg ganteng-ganteng adaw;_;; /evil laugh/ waktu itu lagi jamannya mr. simple, dan waktu liat Music Video nya aku lgsg suka Yesung. Sedangkan sisis itu ngebiasin Donghae. *skip*

#fact lagi, SNSD itu membernya cantik-cantik adaw /evil laugh lagi/ waktu itu paling suka sm mv the boys, dance nya bagus>< dan paling suka niruin dance ‘Gee’ :3

Sebenenya sisis gak Cuma cerita (share information) tentang kpop doang. Dia jg cerita tentang grup band Simple Plan. Dan aku jg mencoba jadi ‘Astronauts’. Tapi entah kenapa aku lebih nyambung soal kpop/?

Sesuai jawabanku sebelumnya: aku nyaman sm kpop hehe. Kpopers itu gak selalu fanatic kok. Tapi mereka emg punya respond yg besar sm idolanya. Aku aja yg dulunya diajarin Sisis, malah aku yg lebih fanatic drpd sisis-_- wks *no bullying please*

Kpopersnya aku itu, berawal dari ‘yek’ menjadi ‘wow’. Bahkan sekarang gak Cuma SJ dan SNSD aja lho yg aku kenal/? Ada SHINee, f(x), B.A.P, 2PM, 2AM, 4Minute, Sistar, Boyfriend, BtoB, Girls Day, Teen Top, Infinite, Bangtan Boys, B2st, EXO, dan masih banyak lagi. Jujur sih aku emg multifandom xoxo ^^

Dan yg dulunya cuma bisa ngenalin/mbedain yoona, leeteuk, sama yesung. Sekarang sudah hafal semua member, bahkan luar SNSD sm SJ. Kayak key jonghyun taemin onew minho amber sulli krystal luhan suho sungjae ilhoon minhyuk zelo donghyun hoya nickhun taecyeon ah banyakkk>< :--3

Well, jadi kpopers itu menyenangkan tp susah dijalanin>< ada bbrp factor. At the first, kita harus kuat lahir dan batin. Kuat lahir: kita harus kuat kalo lagi antri atau lompat-lompat di konser mereka dan juga kuat lari marathon buat ngejar mereka di bandara-_- Kuat batin: misalnya, siap-siap aja bias kalian di bash, digossipin, sampe dijodoh-jodohin dgn sesama artist (u know, wgm-_-) and the second, harus up-to-date. Ya intinya, tau perkembanganlah mulai dari mv, variety show, sampe jadwal manggung. U know that we are so far away sekali dgn Seoul(T_T) makanya, mskipun jauh dari Seoul ttep harus tau dan dukung kann^^ *oke, alay* *skip*

Sebenernya masih banyak hal lain yg important dalam menjadi kpopers ini, tp ya menurut aku cuma 2 factor itu yg bener-bener bikin greget-_-

Meskipun kadang ada juga sisi negative jadi kpopers. Salah satunya, nilai sekolah jeblok gara-gara keseringan update. Tapi kalo bisa ya jgn dong guys^^ justru jadiin mereka motivasi belajar. Kalo pake caraku sih gini: men-sugesti diri dgn “harus yg pinter sekolahnya biar nnti kuliah di Korea trs ketemu mereka” then, belajar yg rajin^^ emg sih awalnya omohg doang susah dijalanin tp ya harus “figthing!!” hehe;;)

Udah itu aja sih ya ._. Dan buat kalian yg mungkin sudah jadi kpopers, jadilah kpopers yg baik dan benar ya *wink*

Oke, byeeeeee^^ eh share foto-foto dulu deh:


   


















Thanks For Reading^^

Don't forget to visit my another site:

nandakgallery.tumblr.com
nandakgallery.polyvore.com
Twitter: @NandaSeks3h
Instagram: nandakgallery
Path: Nanda Kusuma


Rabu, 20 Februari 2013

Daily Activities

Daily Activities

      Daily Activities? Kegiatan sehari-hari kan? Duh keminggris ewh. Mungkin itu adalah kalimat yg anda pikirkan sekarang. Tapi yowes sak bahagiamu, disini aku cuma cerita kok.

            Oke, diliat dari judulnya aja udah keliatan kalo aku mau curhat. Emang iya, masalah? Kali ini aku bakalan cerita soal kegiatan sehari-hariku akhir-akhir ini. Jadi kegiatanku paling ya cuma sekolah dan pac……eh ngeliatin org pacaran maksudnya wkwk. Nggak cuma itu sih, banyak bgt yg lainnya. Just following that story:

1. Drama Korea
Enggak, aku lagi gak shooting drama korea kok-_- aku Cuma lagi seneng aja liat drama korea. Kebetulan aku punya DVD korea, “Dream High 2” sama “Panda&Hedgehog”. Ceritanya kerennn!



2. K-POP


Aku ini k-popers, iya aku k-popers. Kyaaaa!! *bangga* *lebay*. Fans of Super Junior (슈퍼주니어), Super Junior (슈퍼주니어M), Girls Generation (소녀 시대)! Saranghae Seoul! Biasku di SuJu: Oppa Lee Dong-hae! He is aegyooo^^ pada tau donghae gak? Oppa-ku ini member suju yg paling saranghaeun! Ini nih fotonya 


Aku juga suka sama Yuri SNSD. Yang ini nih orangnya:


Aku emang gak pernah sembarangan kalo pilih idola. Ganteng&cantik kan?;;))

3. Video-ing

Video-ing? Bahasa apaan tuh? Oke, aku jelasin. Video-ing itu bahasaku sendiri yg artinya nonton video. Entah video interactive, music video, lucu, dll. Contohnya, 

Aku akhir-akhir ini lagi suka liat Malam Minggu Miko. Iya, film/cerita komedi yg setiap episodenya beda-beda dan bisa di download di Youtube atau ditonton di KompasTV. Film pendek karya Raditya dika ini memang bener-bener moodbooster di hari Senin.






Satu lagi yang jadi moodbooster buat aku *jeng jeng* BayuSkak! Ya, artis youtube yg konyol ini asal dari Malang berhasil buat aku jatuh cintahhh! Wk *alay, maaf*.





Aku sekarang juga lagi suka video stopmotionnya Aulion. Ya, film maker yg satu ini emang jago bgt menarik perhatianku. 


Karya-karyanya amatlah keren! Good job buat kalian semua! J


4. Nail Art
Ih ternyata Seks3h selain garang hobinya ngelukisin kuku, hii…. oke whatever! Akhir-akhir ini emang lagi suka aja ngelukisin kuku, entah kenapa K tapi ngutek bukan sembarang ngutek, nailart-ku keren-keren kok *memuji diri sendiri*. Ini nih Nail Art made by: NandaSeks3h


Halah…palingan juga cuma bisa satu kali, itu pun kayaknya kebetulan. Eh jangan salah, aku punya karya yg lain kok. Tapi jgn iri ya, ini nih
 
           

            Emang sih masih cemen…namanya juga iseng h3h3h3.

Sampe sini dulu deh ‘Daily Activities’nya. Lho kok daily activitiesnya cuma 4? Terserah dong. Lagian sudah capek nih….lho punya rasa capek? Wes gak usah ngeriwik-_- Overall, Terimakasih sudah mau baca hehe. Comment is allowed J

Created  by: Nanda Ayu Kusumawardani

Thank to, Allah SWT J

I’ll give this for my readers. Thank you for always read my post. You are aw3some!

Find me on:
nandakgallery.tumblr.com
nandakgallery.polyvore.com
Twitter: @NandaSeks3h
Instagram: nandakgallery
Path: Nanda Kusuma

Contact me on: nanda.ayu97@gmail.com


Senin, 04 Februari 2013

About Linux


LINUX

            Do you know about Linux? Jadi, kali ini saya akan membahas tugas TIK saya tentang perkembangan Linux. 

Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, Linus Torvalds, di Universitas Helsinki, Finlandia. Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum pada tahun 1987.
            Sejarah Linux berkaitan dengan GNU. Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License atau GNU GPL). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operasi
            Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU C Compiler).

Jenis-jenis Linux:

1. Debian Linux


Situs dari linux debian dapat anda lihat di Http://www.debian.org.


2. Redhat Linux

 

Redhat Linux merupakan linux yang paling popular di Indonesia dan Amerika, Anda bisa membeli CD aslinya, ataupun men-download programnya secara langsung di http://www.redhat.com/

3. Mandrake Linux

 

Mandrake Linux adalah saudara muda dari Redhat Linux, karena keduanya merupakan satu tempat produksi. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal, dan diutamakan mengunakan Processor Pentium. Untuk lebih lengkap tenyang informasi dan juga produk dari linux Mandrake ini anda dapat mengunjungi website yang ada yaitu di http://Linux mandrake.com/


4. Caldera Linux

 
Caldera Linux merupakan salah satu jenis linux yang dirancan untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya. Yang mengagumkan dari Linux Caldera ini adalah pada saat kita melakukan penginstallan Linux Caldera ini, kita disuguhi game tetris untuk mengisi waktu yang luang, sambil menunggu transfer prigram yang berjalan. Untuk penjelasan yang lebih lengkap dan juga informasi yang akurat anda dapat melihat di situs http://caldera-system.com/

5. Slackware Linux


 
Slackware adalah distribusi linux yang pertama, yang pernah mengalami masa kejayaan ketika baru sedikit orang yang mengenal Linux. Anda bisa mengetahui tentang perkembangan slackware linux ini dengan mengunjungi situs http://slackware.org/





6. SuSE Linux

 
Jika Redhat adalah Jenis Linux yang paling populer di Amerika dan di Indonesia, maka SuSE Linux adalah Linux yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa. SuSE dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. Selain itu juga dilengkapi tools untuk central setting yang bernama YaST (Yet another Settup Tools) yang sangat mudah digunakan untuk konfigurasi sistem internal dan jaringan serta security.

Yang paling dibanggakan dari distro ini adalah kelengkapan program aplikasinya. Jika membeli Linux SuSE seharga USD 50,00, Anda akan mendapat 5 CD program dan 1 CD source. Yang membanggakan, SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux. Pembuatan Dokumentasinya dipimpim oleh I Made Wiryana. Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat melihat di situsnya di http://www.suse.de, atau di http://www.suse.com



7. Corel Linux

 
Corel Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh salah satu distribusi Linux, yaitu Debian. Akan tatapi ada sedikit kekurangan pada Corel Linux ini, terutama bagi pengguna yang sudah mahir. Mereka akan binging dengan tampilan yang serba grafis yang diberikan oleh Corel Linux. Untuk Informasi yang lebih detail anda dapat mengunjugi di situsnya yaitu di http://www.linux.corel.com




8. Turbo Linux

 
Turbo Linux adalah Linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat saat ini dengan backup dari perusahaa-perusahaan terkemuka saat ini, seperti: Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Toshiba, Novel, dan SCO. Seperti dengan SuSE, Tuurbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer. Untuk jelas anda dapat melihat situs Turbo Linux di http://www.turbolinux.com.

9. Ubuntu Linux
  
Linux Ubuntu adalah salah satu dari jenis Linux yang ada di dunia. Ubuntu Linux merupakan sebuah distro baru yang langsung mendapatkan tempat dihati para pengguna Linux khususnya bagi para Debian mania.
Ubuntu Linux ini juga hadir dalam 3 Arsitektur komputer yaitu : Intel x86, PowerPC dan AMD64. Kini Ubuntu telah hadir dengan versi terbarunya yaitu versi 7.4 yang dikeluarkan tepatnya tanggal 19 April 2007.

Source: Google.

            Demikian tugas TIK saya tentang Linux. Thanks for reading, and lets comment ^^ Gomawo!

Selasa, 20 November 2012

Enjoy Our Absurd-Story(ˇ▼ˇ)♉

Assalamualaikum Wr. Wb.

                Halo! Selamat datang di blog Nanda Ayu Kusumawardani cewek ter-seks3h sepanjang masa dunia dan akhirat, hueheheuhehe. Apa isi blog kali ini? Tulisan kali ini tidak jauh-jauh dari sebuah ke-Absurd’an, yaitu sebuah karya tulis yang fenomenal dan cetaaaar membahanaaa! Apakah itu? Sebuah/sepercil novel yang dibuat oleh teman kreatif saya. Mau tau? Ciyus? Enelan? Oke, ini alay-_-

          Tapi perlu kalian tau, ini merupakan fiktif belaka. Jika ada kesamaan nama, cerita, mohon maaf sebesar-besarnya. Ini hanya untuk hiburan semata. Usahakan anda dalam rileks, gunakan seluruh kemampuan imajinasi anda. Selamat memasuki kawasan AbsurdJ


        Namaku Sawi, aku berumur 25tahun. Entah mengapa wajahku terlihat tua dari umurku. Entahlah…..hanya Tuhan yang tau. Kisahku ini dimulai dari suatu pagi yang cerah, saat aku sedang mengelilingi taman kota ‘Lost’ Angels. Aku melihat sosok seorang--hmm entah itu orang atau bukan--yang jelas ia sangat menawan. Ia mempunyai rambut cacing yang menjuntai indah dikepalanya, mungkin lebih mirip Medusa. Semua orang mengejeknya, namun dimataku dia amat sangat sempurna! Giginya seperti kumpulan paku yang tajam dan menguning bagai padi yang sudah siap dipanen. Oh Tuhan…aku mencintainya. Hanya dia.

        Malam pun tiba, aku memberanikan diri untuk mengajaknya dinner disebuah restaurant termahal di alam semesta ini. Letaknya strategis, di pinggir hutan bunga bangkai. Bau disekitar sini menciptakan aroma romantic. Safira pun datang, ya dialah wanita yang amat aku cintai sejak di taman. Malam ini ia memakai baju pink yang super ketat. Wah cantiknya! Aku makin cinta padanya. Dengan tanktop pink yang ia kenakan dan bulu ketiaknya yang mulai keluar dari lipatan ketiaknya, menambah kecantikannya dimataku. Semua berjalan lancer, hingga aku mulai melamarnya. Dan kau tau? Ia menerima lamaranku.

        Malam ini tepat pukul 18:18 tanggal 18-18-8181. Kami menikah, tepatnya di Kebun Binatang Surabaya. Lalu menunggu penghulu yang tak kunjung datang. Tiba-tiba wanita yang aku cintai—Safira—datang menghampiriku. Ia berjalan lama sekali, karena heran aku pun menghampirinya. Ternyata ketiak safira dicakar oleh seekor Singa, hingga semua bulunya berjatuhan. Mereka—Singa dan Safira—bertengkar karena ternyata Singa juga mencintaiku. Dan Safira pun tewas seketika di tempat kejadian. Aku sangat sedih, telah kehilangan orang yang aku cintai…aku pun trauma untuk mencintai seorang wanita. Pada akhirnya aku mencoba untuk suka&mencintai sesame jenis, yaitu bernama Januar. But in my heart…I will always love you, Safira Rafidah Simbolong JimbekumaJ

~THE END~


Writers:
§  Dillafitri Andini
§  Raeditta Alfa H.
Editor:
§  Nanda Ayu Kusumawardani

Thank To, Allah SWT

Thanks to:
§  Sandi Dwi, Safira Rafidah, Januar. Thanks for giving the inspirationsJ

We'll give this to:
§  Sawi&Safira
§  Grade X-6 SMA Khadijah Surabaya.

Find me on:
nandakgallery.tumblr.com
nandakgallery.polyvore.com
Twitter: @NandaSeks3h
Instagram: nandakgallery
Path: Nanda Kusuma

Contact me on: nanda.ayu97@gmail.com 

Terimakasih, Wassalamu'alaikum w.r. wb.
ƪƪ'') (''ʃʃ





Template by:

Free Blog Templates